Tak terasa Grup Belajar Menulis sudah
masuk pecan terkahir. Berikut ini jadwal di pecan ini:
Sehubungan dengan berhalangannya pak
Munif Chotib, karena harus berangkat ke Surabaya, maka materi hari Senin, 18
Mei 2020 diasuh kembali oleh Omjay dengan tema Menciptakan Pola Belajar Efektif
dari Rumah
Resume Oleh Yeni Khomaria
Sebelum memulai pembahasan Omjay meminta terlebih dahulu untuk membaca artikel pada link berikut:
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pola adalah suatu system kerja atau carakerja sesuatu. Sedangkan menurut Kamus antropologi, pola adalah rangkaian unsur-unsur yang sudah mantap mengenai suatu gejala dan dapat dipakai sebagai contoh dalam menggambar atau mendeskrifsikan gejala itu sendiri. Menciptakan adalah membuat sesuatu yang baru, dari belum ada menjadi ada, diciptakan berdasarkan situasi, kondisi dan teknologi yang sesuai. Efektif bisa diartikan sebagai suatu yang dapat mencapai tujuan maksimal yang diharapkan.
Berdasarkan definisi-definisi
tersebut maka dapat disimpulkan bahwa menciptakan Pola belajar efektif di rumah
adalah membuat suatu susunan kegiatan yang dapat digunakan untuk melakukan
perubahan tingkah laku yang maksimal dari suatu tempat yang nyaman agar
dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan sehingga pembelajaran harus
menyenangkan.
Pola belajar efektif dari rumah dapat dilakukan dengan membuat rencana kegiatan belajar dengan membuat perencanaan, penjadwalan yang berlangsung terus menerus di dalam rumah. Jadwal ini harus di ikuti secara konsisten dan disiplin. Jika anak-anak terbiasa dilatih memuat jadwal maka akan melatih anak menjadi mandiri. Guru dapat berkoordinasi dengan orang tua tentang penjadwalan belajar, sehingga perencanaan dalam pembelajaran tetap terpantau dan konsisten dalam disiplin belajar dengan jadwal yang dibuat sendiri.
contoh pembelajaran jarak jauh yg
terjadwal:
Prinsip yang harus diperhatikan dalam menciptakan pola pembalajar dari rumah adalah kegiatan pembelajaran harus menyenangkan semua. Siswa senang, orang tua senang dan gurunya juga senang. Akses internet lancar, dan guru bisa menggunakan berbagai aplikasi yang sesuai dengan kondisi siswa di rumah.
Gunakan teknologi yang ada untuk
menciptakan pola pembelajaran yang efektif dari rumah. Bila adanya hanya WA
Group, gunakan WA Group tsb dengan memadukan antara teks, foto dan video.
Omjay menyarankan bapak ibu guru
untuk melejitkan keterampilan menulis siswa lewat blog di internet. Sebab siswa
dapat belajar menulis secara online melalui blognya masing-masing. Siswa
dibiasakan untuk menulis apa yang ingin disampaikannya, dengan begitu bukan
hanya lisan saja yang terlatih, tapi juga tulisan.
Lalu bagaimana cara mengatasi pembelajaran apabila anak-anak memiliki
minim sarana daring?
Harus sabar dan gunakan fasilitas yg
ada, ingatlah film laskar pelangi, ditengah keterbatasan, justru bu muslimah
bisa melahirkan anak anak yg hebat dan bisa berkeliling dunia. Harus sabar juga
menunggu mereka menyelesaikan tugasnya bukan sebagai beban tapi sebagai
kebutuhan siswa untuk mendapatkan pengetahuan. Dan tetap komunikasi dgn orang
tua siswa.
Kesimpulan materi hari ini adalah dalam menciptakan pola pembelajaran efektif dari rumah, guru harus mempunyai peta kelas atau kondisi siswa di rumah dan disesuaikan dengan kondisi guru di rumah. Artinya, komunikasi guru dan siswa dari rumah masing-masing harus membuat mereka saling berinteraksi dan berdiskusi sehingga pembelajarn menjadi menyenangkan dan bermakna. Semua itu bisa dilakukan bila kegiatan Pembelajaran jarak jauh dibuat secara terjadwal. Kegiatan harus membuat siswa menjadi mandiri dan menemukan kemerdekaan belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar