Selasa, 19 Mei 2020

Menciptakan Pola Belajar Efektif dari Rumah

Tak terasa Grup Belajar Menulis sudah masuk pecan terkahir. Berikut ini jadwal di pecan ini:

Sehubungan dengan berhalangannya pak Munif Chotib, karena harus berangkat ke Surabaya, maka materi hari Senin, 18 Mei 2020 diasuh kembali oleh Omjay dengan tema Menciptakan Pola Belajar Efektif dari Rumah

Resume Oleh Yeni Khomaria

 Sebelum memulai pembahasan Omjay meminta terlebih dahulu untuk membaca artikel pada link berikut:

https://www.kompasiana.com/isardasukitasim/5ead48f5d541df3a7323d8e5/menciptakan-belajar-efektif-dari-rumah


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pola adalah suatu system kerja atau carakerja sesuatu. Sedangkan menurut Kamus antropologi, pola adalah rangkaian unsur-unsur yang sudah mantap mengenai suatu gejala dan dapat dipakai sebagai contoh dalam menggambar atau mendeskrifsikan gejala itu sendiri. Menciptakan adalah membuat sesuatu yang baru, dari belum ada menjadi ada, diciptakan berdasarkan situasi, kondisi dan teknologi yang sesuai. Efektif bisa diartikan sebagai suatu yang dapat mencapai tujuan maksimal yang diharapkan.

Berdasarkan definisi-definisi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa menciptakan Pola belajar efektif di rumah adalah membuat suatu susunan kegiatan yang dapat digunakan untuk melakukan perubahan tingkah laku yang maksimal dari suatu tempat yang nyaman agar dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan sehingga pembelajaran harus menyenangkan.

Pola belajar efektif dari rumah dapat dilakukan dengan membuat rencana kegiatan belajar dengan membuat perencanaan, penjadwalan yang berlangsung terus menerus di dalam rumah. Jadwal ini harus di ikuti secara konsisten dan disiplin. Jika anak-anak terbiasa dilatih memuat jadwal maka akan melatih anak menjadi mandiri. Guru dapat berkoordinasi dengan orang tua tentang penjadwalan belajar, sehingga perencanaan dalam pembelajaran tetap terpantau dan konsisten dalam disiplin belajar dengan jadwal yang dibuat sendiri.

 

contoh pembelajaran jarak jauh yg terjadwal:


Prinsip yang harus diperhatikan dalam menciptakan pola pembalajar dari rumah adalah kegiatan pembelajaran harus menyenangkan semua. Siswa senang, orang tua senang dan gurunya juga senang. Akses internet lancar, dan guru bisa menggunakan berbagai aplikasi yang sesuai dengan kondisi siswa di rumah.

Gunakan teknologi yang ada untuk menciptakan pola pembelajaran yang efektif dari rumah. Bila adanya hanya WA Group, gunakan WA Group tsb dengan memadukan antara teks, foto dan video.

Omjay menyarankan bapak ibu guru untuk melejitkan keterampilan menulis siswa lewat blog di internet. Sebab siswa dapat belajar menulis secara online melalui blognya masing-masing. Siswa dibiasakan untuk menulis apa yang ingin disampaikannya, dengan begitu bukan hanya lisan saja yang terlatih, tapi juga tulisan.

Lalu bagaimana cara mengatasi pembelajaran apabila anak-anak memiliki minim sarana daring?

Harus sabar dan gunakan fasilitas yg ada, ingatlah film laskar pelangi, ditengah keterbatasan, justru bu muslimah bisa melahirkan anak anak yg hebat dan bisa berkeliling dunia. Harus sabar juga menunggu mereka menyelesaikan tugasnya bukan sebagai beban tapi sebagai kebutuhan siswa untuk mendapatkan pengetahuan. Dan tetap komunikasi dgn orang tua siswa.

 

Kesimpulan materi hari ini adalah dalam menciptakan pola pembelajaran efektif dari rumah, guru harus mempunyai peta kelas atau kondisi siswa di rumah dan disesuaikan dengan kondisi guru di rumah. Artinya, komunikasi guru dan siswa dari rumah masing-masing harus membuat mereka saling berinteraksi dan berdiskusi sehingga pembelajarn menjadi menyenangkan dan bermakna. Semua itu bisa dilakukan bila kegiatan Pembelajaran jarak jauh dibuat secara terjadwal. Kegiatan harus membuat siswa menjadi mandiri dan menemukan kemerdekaan belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar