Sabtu, 02 Mei 2020

Lulusan Angkatan Corona 2020

Hari ini 2 Mei 2020, selain memperingati hari pendidikan Nasional, anak kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan menunggu pengumuman kelulusan. Memang angkatan 2020 ini lain dari pada yang lain. Tepat H-1 menjelang Ujian Nasional dilakukan lock down skala Nasional dan UN resmi ditiadakan.

Minggu, 15 April 2020 rasanya campur-campur, seakan-akan perjuangan kami, segenap Guru dan Peserta Didik untuk menghadapi perang dikeesokan hari digagalkan oleh virus corona yang tak terlihat namun berdampak pada semua lini kehidupan, termasuk pendidikan.

Kecewa, jelas… walaupun di luaran sana banyak yang bilang enak ya angkatan 2020, ga ada ujian langsung lulus. Itu kata orang yang tidak mengalaminya, tapi yang mengalami sendiri rasanya sesak.
Semua system dan perangkat yang telah dipersiapkan harus segera dirubah dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Ujian Sekolah dilakukan secara online dikerjakan dirumah. Sekali lagi komentar datang di luar sana, wah enak nilainya bagus-bagus, bisa dikerjakan orang lain, dan sebagainya. Padahal yang mengalami, bingung menghadapi system baru, harus mencari sinyal stabil agar bisa mengakses dengan baik, khawatir soal yang telah dikerjakan jawaban tidak terekam oleh system karena masalah sinyal, kuota ataupun memory HP yang sudah mulai engap.

Yang juga membuat dilema adalah ditiadakannya Ujian Kompetensi Keahlian, yang notabene menunjukkan sejauh mana kemampuan dan ketrampilan anak Sekolah Menengah Kejuruan. Peserta didik batal tersertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi. Dan mulailah timbul pertanyaan dari peserta didik, bagaimana nanti kalo kemampuan saya dipertanyakan ketika melamar kerja?
Sebagai pendidik, saya hanya bisa berpesan ke anak-anak didik saya, apapun yang terjadi sekarang harusnya membuat diri kalian makin kuat, makin kreatif dalam melihat peluang, dan jangan takut berkarya.


Kemarin, tanggal 30 April 2020, rapat kelulusan telah digelar dengan system online menggunakan media Zoom. Salah satu keuntungan di era digital ini, bisa bertatap muka dengan banyak orang dengan hanya bermodal HP android atau PC. Alhamdulillah, semua peserta didik yang telah mengikuti ujian sekolah berbasis android, online di rumah masing-masing, dan ujian praktek secara online dengan mengunggah video dinyatakan LULUS.

Selamat atas kelulusannya nak. Selamat berjuang untuk masa depan, baik itu melanjutkan pendidikan lebih tinggi atau langsung bekerja sesuai dengan kompetensi kalian masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar