Sabtu, 16 Mei 2020

Guru Hebat, Semangat Menulis PTK

Pada pertemuan ke-12, Rabu, 13 Mei 2020, Belajar menulis gelombang 10 via WA grup dibuka dengan salam yang hangat oleh Ibu DRA. Rahmi Wilandari, M.Pd, “Assalamualaikum.... Yth bapak dan ibu guru HEBAT Indonesia yg bebahagia dan bersemangat”. Ibu Rahmi Wilandari adalah seorang pengajar di SMAN 21 Surabaya, pengampu mapel Ekonomi dan Kewirausahaan. Beliau mempunyai latar belakang Pendidikan Ekonomi, tidak seperti pada umumnya para penulis yang mempunyai latar belakang pendidikan Bahasa dan Sastra.

Pada awalnya beliau tertarik untuk menulis segala kejadian sehari-hari yang beliau alami. Misalkan pada saat berangkat kerja ada kejadian menarik, maka setiba di sekolah langsung buka laptop dan apa yang beliau lihat beliau tulis garis besarnya. Setelah sampai dirumah beliau buka lagi laptop untuk melanjutkan cerita yg tertunda siang hari.

Menulis itu ada macam2 penulis. Ada Penulis Cerpen, ada penulis Novel, ada penulis cerita bersambung (Cerbung). Ada jg penulis Ilmiah. Jika dikategorikan Penulis Fiksi dan non Fiksi. Penulis artikelpun jg ada macamnya : penulis Umum dan Penulis buku teks.

Jika beliau ada waktu luang selalu beliau habiskan utk membaca di perpustakaan. Selain perpustakaannya adem, tenang utk membaca dan bisa menginspirasi utk menulis. Penulisan KTI atau artikel dibutuhkan wawasan utk rajin membaca baik buku cetakan atau e-book. Untuk Penelitian ada penelitian Deskriptif, penelitian eksperimen (penelitian murni) dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bagi guru harus bisa melaksanakan PTK dan sangat mudah karena dari kejadian sehari saat mengajar. Pertama kali beliau ikut lomba KTI ( PTK)  tahun 2013. Saat penelitian beliau laksanakan, beliau tidak punya target utk menang. Namun pada saat itu beliau berhasil menjadi Juara 3 LKTI Majalah Media (PGRI) Tingkat Jawa Timur tahun 2013.

Berikut ini beliau berbagi tentang pengalamannya dalam menulis PTK:

CONTOH  FORMAT LAPORAN PTK

·         Halaman Judul

·         Halaman Pengesahan

·         Abstrak (Bahasa Indonesia + Bahasa Inggris, maksimum masing-masing 150-250 kata )

·         KATA PENGANTAR

·         DARTAR ISI

·         DAFTAR TABEL

·         DAFTAR GRAFIK

·         DAFTAR GAMBAR

·         DAFTAR LAMPIRAN

 

BAB I  PENDAHULUAN

A.     Masalah dan latar belakang masalah

Uraikan secara lugas masalah yang ingin ditanggulangi, penyebab timbulnya masalah tersebut, dan tingkat masalah yang ingin ditanggulangi oleh peneliti.

B.     Rumusan masalah

Uraikan secara singkat bentuk tindakan yang akan diambil (misal: mengapa berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi/ TIK?), argumentasi teoretik dan/atau empirik pemilihan tindakan, dan rumuskan hipotesis tindakan sebagai landasan tindakan yang digunakan (bila dipandang memungkinkan).

C.     Tujuan penelitian

Uraikan hasil penelitian yang diharapkan (anticipated results) dari penelitian ini.

D.     Ruang Lingkup Penelitian

Sebutkan lingkup atau batas- batas tindakan yang akan diambil peneliti.

E.     Manfaat penelitian

Uraikan secara jelas manfaat hasil penelitian bagi sekolah (misalnya: pengembangan kurikulum,  kebijakan, guru, maupun siswa, dsb.)

BAB II PEMBAHASAN, KERANGKA PIKIR DAN HIPOTESIS 

A.     Pembahasan

Uraikan dengan seksama dan deskriktif variabel penelitian anda (Uraikan variabel X dan Y)

B.     Kerangka pikir

Adalah sintaks dari hasil analisa variabel penelitian yang berbentuk skema yang menghasilkan sebuah pernyataan

C.     Hipotesis

Berisi dugaan sementara calon peneliti terkait variabel penelitian yang biasanya ditandai dengan kalimat :jika... maka...

 

BAB III PROSEDUR PENELITIAN TINDAKAN KELAS  

A.     Setting Penelitian

Sebutkan lokasi penelitian, waktu penyelenggaraan penelitian (misal:   Semester I, II, bulan, tahun, dst.), dan karakteristik kelompok sasaran yang menjadi subjek penelitian, serta bentuk aktivitas penggunaan ICT dalam pembelajaran.

B.     Prosedur Penelitian1. Gambaran Umum Penelitian

Uraikan gambaran umum penelitian yang dilakukan termasuk jumlah dan prosedur siklus penelitian yang dilakukan.

 -  Rincian Prosedur Penelitian

a.    Persiapan Tindakan

Sebutkan persiapan apa saja yang dilakukan (seperti analisis diagnostik untuk                menspesifikasi masalah dan rincian penyebab timbulnya masalah), pembuatan alat-alat  berbasis TIK dalam rangka tindakan, dan lain-lain yang terkait dengan pelaksanaan tindakan di kelas

b.   Implementasi Tindakan

Deskripsikan tindakan yang akan diambil, skenario kerja tindakan, dan prosedur tidakan yang digunakan peneliti

c.    Pemantauan dan Evaluasi

Uraikan Prosedur pemantauan dan evaluasi tindakan, alat- alat pemantauan dan evaluasi yang digunakan, beserta kriteria keberhasilan tindakannya

d.   Analisis dan Refleksi 

Uraikan prosedur analisis hasil pemantauan dan refleksi terhadap tindakan yang telah diambil, tim yang terlibat dalam analisis hasil pemantauan dan refleksi, kriteria dan rencana bagi tindakan daur ulang.

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Sajikan hasil penelitian atau temuan setelah tindakan dilaksanakan dan penyajian temuan harus sesuai dengan masalah yang telah dirumuskan, dan dilakukan pembahasan secara lengkap tentang temuan atau hasil PTK tersebut. Pembahasan hendaknya memberikan penjelasan tentang kegagalan maupun keberhasilan penerapan TIK dalam pembelajaran, tentu bila salah satu atau keduanya ada, suatu tindakan

BAB V SIMPULAN DAN SARAN

A.     Simpulan

Simpulkan hasil penelitian yang diperoleh secara lengkap, sesuai dengan masalah yang diteliti

B.     Saran- saran

Ajukan saran- saran untuk penerapan hasil penelitian dan kemungkinan penelitian lebih lanjut dimasa mendatang.

 

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

1.      Silabus

2.      Materi Ajar

3.      RPP

4.      Media Pembelajaran

5.      Nilai dan daftar hadir siklus 1-3

6.      Lembar  Pengamatan Aktivitas Guru

7.      Lembar  Pengamatan Aktivitas Siswa

8.      Foto kegiatan Penelitian

9.      Lampiran lain-lain ( Undangan Seminar, Panitia Seminar, Notulen Seminar, Surat Pernyataan Keoriginal Penelitian , Surat Keterangan Waktu Penelitian , Penyerahan PTK ke Perputakaan Sekolah)

 

CONTOH FORMAT ARTIKEL   ILMIAH

Untuk Penulisan Artikel Ilmiah  yang sedang ( 1500 -2000 kata ) kita bisa menuliskan dalam beberapa Paragraf

·         Paragraf  1  ( berisi Pengantar  dan Permasalahan  )

·         Paragraf  2-10  ( Pembahasan dan Cara / Altenatif Pemecahan / Solusi )

·         Paragraf ke 11 ( Kesimpulan )

·         Kertas ukuran A4 3- 4 halaman dengan spasi 1,5

·         Jika untuk Lomba tergantung permintaan panitia

·         Untuk artikel Ilmiah pendek 500 -1000 kata sdh bisa menjadi artikel Ilmiah  ( Jawa Pos )

 

NOTE:

Sebuah keberhasilan harus disertai usaha, semangat serta kerja keras. Jika penyakit malas kambuh enggan menulis. Mulailah belajar disiplin diri menulis setiap hari. Insya'allah kalau sdh terbiasa akan enak dan kecanduan utk selalu menulis dan menulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar