Pada pertemuan ke-12, Rabu, 13 Mei
2020, Belajar menulis gelombang 10 via WA grup dibuka
dengan salam yang hangat oleh Ibu DRA. Rahmi Wilandari, M.Pd, “Assalamualaikum.... Yth bapak dan ibu guru HEBAT Indonesia
yg bebahagia dan bersemangat”. Ibu Rahmi Wilandari adalah seorang pengajar di
SMAN 21 Surabaya, pengampu mapel Ekonomi dan Kewirausahaan. Beliau mempunyai latar belakang Pendidikan Ekonomi, tidak seperti pada umumnya
para penulis yang
mempunyai latar belakang pendidikan Bahasa dan Sastra.
Pada awalnya beliau tertarik untuk menulis segala kejadian sehari-hari yang beliau alami. Misalkan pada saat berangkat kerja ada kejadian
menarik,
maka setiba di sekolah langsung buka laptop dan apa yang beliau lihat beliau
tulis garis besarnya. Setelah sampai dirumah beliau buka lagi
laptop untuk melanjutkan cerita yg tertunda siang hari.
Menulis
itu ada macam2 penulis. Ada Penulis Cerpen, ada penulis Novel, ada penulis cerita bersambung
(Cerbung). Ada jg penulis Ilmiah. Jika dikategorikan Penulis Fiksi dan non Fiksi. Penulis artikelpun jg ada
macamnya : penulis Umum dan Penulis buku teks.
Jika beliau ada waktu luang selalu beliau habiskan utk membaca di
perpustakaan. Selain perpustakaannya adem, tenang
utk membaca dan bisa menginspirasi utk menulis. Penulisan
KTI atau artikel dibutuhkan wawasan utk rajin membaca baik buku cetakan atau e-book.
Untuk Penelitian ada penelitian Deskriptif, penelitian eksperimen (penelitian murni) dan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bagi guru harus bisa
melaksanakan PTK dan sangat mudah karena
dari kejadian sehari saat mengajar. Pertama kali beliau ikut
lomba KTI ( PTK) tahun 2013. Saat
penelitian beliau laksanakan, beliau tidak
punya target utk menang. Namun pada saat itu beliau berhasil menjadi Juara
3 LKTI Majalah Media (PGRI) Tingkat Jawa Timur tahun 2013.
Berikut ini beliau
berbagi tentang pengalamannya dalam menulis PTK:
CONTOH
FORMAT LAPORAN PTK
·
Halaman
Judul
·
Halaman
Pengesahan
·
Abstrak
(Bahasa Indonesia + Bahasa Inggris, maksimum
masing-masing 150-250 kata )
·
KATA
PENGANTAR
·
DARTAR ISI
·
DAFTAR
TABEL
·
DAFTAR
GRAFIK
·
DAFTAR
GAMBAR
·
DAFTAR
LAMPIRAN
BAB I PENDAHULUAN
A.
Masalah
dan latar belakang masalah
Uraikan
secara lugas masalah yang ingin ditanggulangi, penyebab timbulnya masalah
tersebut, dan tingkat masalah yang ingin ditanggulangi oleh peneliti.
B. Rumusan masalah
Uraikan
secara singkat bentuk tindakan yang akan diambil (misal: mengapa berbasis
Teknologi Informasi dan Komunikasi/ TIK?), argumentasi teoretik dan/atau
empirik pemilihan tindakan, dan rumuskan hipotesis tindakan sebagai landasan
tindakan yang digunakan (bila dipandang memungkinkan).
C. Tujuan penelitian
Uraikan
hasil penelitian yang diharapkan (anticipated results) dari penelitian ini.
D. Ruang Lingkup Penelitian
Sebutkan
lingkup atau batas- batas tindakan yang akan diambil peneliti.
E.
Manfaat
penelitian
Uraikan
secara jelas manfaat hasil penelitian bagi sekolah (misalnya: pengembangan
kurikulum, kebijakan, guru, maupun siswa, dsb.)
BAB II PEMBAHASAN, KERANGKA PIKIR DAN HIPOTESIS
A.
Pembahasan
Uraikan
dengan seksama dan deskriktif variabel penelitian anda (Uraikan variabel X dan
Y)
B. Kerangka pikir
Adalah
sintaks dari hasil analisa variabel penelitian yang berbentuk skema yang
menghasilkan sebuah pernyataan
C.
Hipotesis
Berisi dugaan sementara calon
peneliti terkait variabel penelitian yang biasanya ditandai dengan kalimat
:jika... maka...
BAB III PROSEDUR PENELITIAN TINDAKAN
KELAS
A.
Setting Penelitian
Sebutkan lokasi penelitian, waktu penyelenggaraan
penelitian (misal: Semester I, II,
bulan, tahun, dst.), dan karakteristik kelompok sasaran yang menjadi subjek
penelitian, serta bentuk aktivitas penggunaan ICT dalam pembelajaran.
B.
Prosedur Penelitian1. Gambaran Umum Penelitian
Uraikan gambaran umum penelitian yang dilakukan
termasuk jumlah dan prosedur siklus penelitian yang dilakukan.
- Rincian Prosedur Penelitian
a. Persiapan Tindakan
Sebutkan persiapan apa saja yang dilakukan (seperti
analisis diagnostik untuk
menspesifikasi masalah dan rincian penyebab timbulnya masalah),
pembuatan alat-alat berbasis TIK dalam rangka tindakan, dan lain-lain
yang terkait dengan pelaksanaan tindakan di kelas
b. Implementasi Tindakan
Deskripsikan tindakan yang akan diambil, skenario
kerja tindakan, dan prosedur tidakan yang digunakan peneliti
c. Pemantauan dan Evaluasi
Uraikan Prosedur pemantauan dan evaluasi tindakan,
alat- alat pemantauan dan evaluasi yang digunakan, beserta kriteria
keberhasilan tindakannya
d. Analisis dan Refleksi
Uraikan prosedur analisis hasil pemantauan dan
refleksi terhadap tindakan yang telah diambil, tim yang terlibat dalam analisis
hasil pemantauan dan refleksi, kriteria dan rencana bagi tindakan daur ulang.
BAB IV HASIL PENELITIAN
DAN PEMBAHASAN
Sajikan
hasil penelitian atau temuan setelah tindakan dilaksanakan dan penyajian temuan
harus sesuai dengan masalah yang telah dirumuskan, dan dilakukan pembahasan
secara lengkap tentang temuan atau hasil PTK tersebut. Pembahasan hendaknya
memberikan penjelasan tentang kegagalan maupun keberhasilan penerapan TIK dalam
pembelajaran, tentu bila salah satu atau keduanya ada, suatu tindakan
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
Simpulkan
hasil penelitian yang diperoleh secara lengkap, sesuai dengan masalah yang
diteliti
B. Saran- saran
Ajukan
saran- saran untuk penerapan hasil penelitian dan kemungkinan penelitian lebih
lanjut dimasa mendatang.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Silabus
2.
Materi Ajar
3.
RPP
4.
Media Pembelajaran
5.
Nilai dan daftar hadir
siklus 1-3
6.
Lembar Pengamatan Aktivitas Guru
7.
Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa
8.
Foto kegiatan Penelitian
9.
Lampiran lain-lain (
Undangan Seminar, Panitia Seminar, Notulen Seminar, Surat Pernyataan Keoriginal
Penelitian , Surat Keterangan Waktu Penelitian , Penyerahan PTK ke Perputakaan
Sekolah)
CONTOH FORMAT ARTIKEL ILMIAH
Untuk
Penulisan Artikel Ilmiah yang sedang (
1500 -2000 kata ) kita bisa menuliskan dalam beberapa Paragraf
·
Paragraf 1 (
berisi Pengantar dan Permasalahan )
·
Paragraf 2-10 (
Pembahasan dan Cara / Altenatif Pemecahan / Solusi )
·
Paragraf ke 11 (
Kesimpulan )
·
Kertas ukuran A4 3- 4
halaman dengan spasi 1,5
·
Jika untuk Lomba
tergantung permintaan panitia
·
Untuk artikel Ilmiah
pendek 500 -1000 kata sdh bisa menjadi artikel Ilmiah ( Jawa Pos )
NOTE:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar