Rabu, 29 April 2020

Belajar, Belajar dan Belajar Menulis Setiap Hari

 Alhamdulillah,
Hari ini telah mengikuti kuliah online “Belajar menulis” dengan Pemateri:  Dr. Uswadin, M.Pd. Yang Lahir di Brebes, pada tanggal 15 Maret 1968. Beliau merupakan Guru SMP Labschool Jakarta, dan Kebayoran, serta Kepala SMP Labschool Cibubur 2011 sd 2019. Beliau juga merupakan Pengembang Labschool UNJ. Beliau mempunyai Motto: Bermanfaatlah untuk sesama.

BELAJAR, BELAJAR, DAN BELAJAR MENULIS SETIAP HARI
Kiat-kiat menulis itu sebenarnya dibilang mudah juga mudah, dibilang susah juga susah. Tergantung dari mana kita akan memulai dan memiliki semangat untuk memulai. Menulis itu bisa dikatakan tidak sulit dan tidak mudah. Untuk menulis, seseorang itu mesti memiliki kemampuan dan keterampilan. Apabila menulis dilakukan secara terus menerus dan dievaluasi serta dipelajari kelemahan yang ada, maka kemampuan menulis kita akan semakin baik.

Ide dapat muncul kapan saja, misalkan saat sedang santai. Maka untuk mengatasi kekhawatiran ide akann hilang, maka langsung ambil ballpoin dan buku kecil utk mencatat poin-poin apa yang terlintas dalam kepala. Setelah poin2 tersebut tertulis, maka pada waktu dan suasana yang tepat kita bisa tulis ide tersebut.

Menulis itu bermula  dari kemunculan sebuah ide. Tanpa ide, tulisan tersebut tidak akan menjadi  sebuah konten atau memiliki tujuan yang jelas. Ide, gagasan utama, atau pikiran-pikiran  yang akan kita tuangkan  itulah yang akan menjadi tujuan mengapa kita menulis dan apa yang akan kita tulis. Beliau menekankan bahwa “Tulisan yang baik adalah tulisan yang telah selesai”. Maka, Jangan takut untuk menulis.

Beliau menyarankan agar tulisan yang sudah ditulis itu juga dimuat di media sosial yang lain seperti laman facebook atau media cetak atau online. Dalam kuliah online ini, beliau juga mencontohkan beberapa tulisannya yang sudah jadi yang dikirimkannya ke media online. Alhamdulillah, diterima oleh redaksi. "Lalu saya mencoba mengirim ke beberapa media online dan ternyata diterima juga,” ungkapnya.
Beberapa contoh tulisan beliau dapat diakses pada link berikut ini:

Selain media online kita juga mencoba dan memberanikan diri untuk mengirimkan tulisan kita ke media cetak. Ada kebanggaan tersendiri jika tulisan kita dapat dimuat apalagi di surat kabar yg sudah populer atau berskala nasional.
Berikut adalah salah satu tulisan beliau pada media cetak:

Tulisan yang di upload di blog sendiri juga bisa menjadi media informasi kita. Contoh tulisan yg  ditulis di blog pribadi dan bisa di share juga ke medsos kita seperti facebook atau wag.
Misalkan tulisan beliau berikut ini: http://uswadinlabschool.blogspot.com/2020/04/pesantren-baiti-jannati.html

Kalau kita terbiasa menulis maka insya allah kita pun sebagai guru bisa tingkatkan menjadi sebuah buku. Bisa dari buku pelajaran yang kita ampu, misalnya. Karena kita sering menyampaikan hal-hal tsb setiap hari jadi akan mudah dituliskan dalam buku.
Pengalaman2 dan tulisan2 yang kita simpan dalam blog juga bisa dikumpulkan menjadi sebuah buku. Dengan menulis kadang2 ide2 baru muncul dan tidak hanya tulisan kita pun juga bisa menulis syair lagu yang bisa menjadi sebuah lagu jika dinyanyikan.

Terakhir beliau juga mengingatkan, dalam membangun kepercayaan diri untuk menulis. Teruslah menulis, menulis, dan belajar menulis! Pada akhirnya nanti akan tumbuh kepercayaan diri dengan sendirinya. 

Demikian Resume kuliah online belajar menulis hari ini. Terima kasih kepada Bapak Dr. Uswadin, M.Pd. yang telah berbagi ilmunya, semoga bermanfaat, terutama bagi saya yang benar-benar baru memulai belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar