Rabu, 11 Mei 2022

3.2.a.4.2. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Pemimpin dalam Pembelajaran

 

  • Jawaban Kasus 1 : 

Saya melihat kasus Ibu Lilin lebih cenderung memandang kondisi yang terjadi di kelas Berbasis pada kekurangan peserta didik. Dimana karakter dan tingkat kepandaian murid-muridnya yang heterogen merupakan sesuatu kekurangan yang menyebabkan sulitnya materi dapat tersampaikan kepada peserta didik serta sulitnya peserta didik memahami penjelasan materi dari Ibu Lilin. Selain itu, kondisi kelas yang susah dikendalikan  merupakan masalah yang sangat mengganggu terhadap konduktifitas pembelajaran yang dilakukan. Akibat dari selalu melihat dari kekurangan menyebabkan munculnya ketidaknyamanan secara emosional dari Ibu Lilin seperti mudah marah dan kelelahan yang memunculkan ketidaksukaan dari murid-muridnya.

Sebagai kepala sekolah, saya akan menawarkan coaching kepada Ibu Lilin. Dalam proses coaching tersebut saya gali dengan pertanyaan reflektif agar Bu Lilin dapat mengenali kekuatan dan menggali potensi yang dimilikinya sehingga dapat digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran. Selain itu, saya juga akan berbagi wawasan tentang pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi yang mungkin akan menjadi salah satu referensi bagi Bu Lilin.

  • Jawaban Kasus 2 : 

    Menurut Saya, Pak Pupur seharusnya dapat melihat kemampuan dan kelebihan yang dimilikinya, dan mengoptimalkan kemampuan tersebut serta dapat berbagi dengan banyak komunitas agar lebih bermanfaat.

    Apabila saya menjadi kepala sekolah, saya juga akan memberikan saran yang sama kepada pak Pupur. Dengan segala kekuatan dan kelebihan yang dimiliki Pak pupur, bisa menjadi modal untuk lulus menjadi pengawas sekolah. Jika Pak Pupur Lulus, banyak harapan kepadanya untuk memberikan perubahan positif terhadap ekosistem pendidikan tidak hanya di lingkup sekolahnya sendiri namun juga lingkup banyak sekolah dibawah kepengawasannya, sehingga hal ini bisa menjadi agen perubahan dan perbaikan terhadap mutu pendidikan secara lebih luas. Maka dari itu, saya akan mensupport dan memotivasi Pak Pupur agar bersedia mengikuti seleksi calon pengawas sekolah dengan semangat dan percaya diri.


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar