Kamis, 21 Mei 2020

Mendokumentasikan Semua Kegiatan di Blog

Resume Oleh Yeni Khomaria

 

Pada hari Rabu, 20 Mei 2020, WA Grup Belajar Menulis Gelombang 10, dengan narasumber Bapak Dedi Dwitagama, bagi yang mau kenal leih lanjut, bisa klik link berikut:

https://www.google.com/search?safe=strict&sxsrf=ALeKk038sYo8EcsvXNd0wh5cROtkS_IwvQ%3A1589957511566&source=hp&ei=h9PEXuPeIMKP9QPChaugDg&q=DEDI+DWITAGAMA&oq=DEDI+DWITAGAMA&gs_lcp=CgZwc3ktYWIQAzIECCMQJzIECCMQJzIECCMQJzIGCAAQFhAeOgUIABCDAToCCAA6BggjECcQEzoECAAQCjoFCAAQywE6BwgAEAoQywFQqQhYoxhgtBloAHAAeACAAV6IAfwIkgECMTSYAQCgAQGqAQdnd3Mtd2l6&sclient=psy-ab&ved=0ahUKEwijvrul7cHpAhXCR30KHcLCCuQQ4dUDCAY&uact=5

 

Dalam pertemuan kali ini, Pak Dedi Dwitagama sharing ttg blog dengan rinci sekali.

Apa itu Blog? Secara sederhana blog seperti diary atau catatan harian yang diunggah ke internet dan bisa dinikmati oleh orang sedunia --- Beliau mulai ngeblog tahun 2005 di http://dwitagama.blogspot.com. Waktu itu beliau dokumentasikan semua kegiatan; di kelas, di sekolah, di luar sekolah dan hobby beliau fotografi, rasanya seperti nano-nano, yang membuat beliau memutuskan untuk hijrah ke wordpress dan memisahkan. Mulai tahun 2007 beliau mendokumentasikan ide-ide pendidikan dan kegiatan sekolah di http://dedidwitagama.wordpress.com. Kerja sampingan beliau yang sangat luar biasa menghasilkan beliau titip di http://trainerkita.wordpress.com. Dan hasil karya hunting foto beliau didokumentasikan di http://fotodedi.wordpress.com. Sejak 2008 beliau ikut posting artikel di blog keroyokkan kompasiana.com, http://kompasiana.com/dwitagama.

Dokumentasi beliau di https://trainerkita.wordpress.com, membuat beliau sering ditemukan oleh Even Organizer yang sedang mencari pembicara dan mendatangkan rejeki keliling Indonesia. Salah satunya pada November 2019, beliau mendapatkan kehormatan sharing pemantaan teknologi digital di hadapan guru" SMA se Indonesia yang sedang berkumpul di IPB University Bogor.

Apa tip dan trik  dalam merawat blog?

Manfaatkan nikmat Allah yang ada, punya notebook, punya HP dan akses internet, maka manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Merawat blog itu persis seperti merawat cinta kasih, merawat tanaman, hewan, dsb, harus sering dikunjungi, disiram dengan artikel, dijawab balik komentar pembaca, kalau sedang kering ide, lihat-lihat blog orang lain, biasanya muncul ide, langsung tulis deh. Jika sedang banyak ide, beliau tulis sekaligus beberapa artikel, setiap artikelnya tak perlu terlalu banyak, cukup dua atau tiga alinea dilengkapi foto atau video, dan diposting terjadwal seminggu sekali. Andai beliau punya 8 artikel, artinya dua bulan ke depan beliau tak perlu posting lagi ... dan artikel kita akan muncul sendiri ... jika ada ide lagi ... jadwalkan biat dua bulan berikutnya.

NOTE: Artikel menarik itu adalah penilaian pembaca blog kita. Jangan berfikir apakah postingan yang kita tulis bakal jadi menarik, banyak yang baca atau tidak, tulis aja apa yg ingin kita tulis, selanjutnya biarkan pembaca sendiri yang menemukan tulisan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar