Selasa, 19 April 2022

Demontrasi Kontekstual -Pengambilan Keputusan sebagai pemimpin pembelajaran

 

3.1.a.7. Demontrasi Kontekstual


Bagaimana Anda nanti akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang Anda dapatkan di program guru penggerak ini di sekolah/lingkungan asal Anda?

Sebagai pemimpin pembelajaran, maka saya akan berusaha untuk mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang saya dapatkan di program guru penggerak ini di sekolah melalui beberapa langkah, yaitu:

1.      Saya akan berkoordinasi dengan kepala sekolah untuk menyampaikan program-program yang ada dalam pendidikan guru penggerak.

2.      Saya akan mensosialisasikan materi-materi yang ada pada program guru penggerak, termasuk materi pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.

3.      Saya akan memanfaatkan waktu-waktu luang untuk berdiskusi dalam komunitas praktisi yang kami buat sebagai kegiatan pengimbasan kepada rekan-rekan guru dengan tujuan untuk pengembangan kompetensi guru.

4.      Saya akan mengajak teman sejawat saya di sekolah untuk berkolaborasi dalam menerapkan prinsip-prinsip pengambilan keputusan yang efektif ketika saya berada dalam situasi dilema etika maupun bujukan moral yang saya alami.

 

Apa langkah-langkah awal yang akan Anda lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?

Langkah-langkah awal yang akan saya lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran adalah sebagai berikut.

1.      Saya terlebih dahulu akan menganalisis dan menentukan apakah masalah yang saya hadapi termasuk ke dalam dilema etika atau bujukan moral

2.      Saya akan menerapkan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan, yaitu sebagai berikut:

a.       Menentukan nilai-nilai yang bertentangan pada permasalahan yang sedang di hadapi

b.      Menentukan siapa saja yang terlibat dalam situasi tersebut

c.       Menentukan fakta-fakta yang relevan dalam situasi tersebut

d.      Pengujian  benar  lawan  salah dalam situasi tersebut.

·         Melakukan Uji Legal yaitu menentukan apakah ada aspek pelanggaran hukum

·         Melakukan Uji Regulasi yaitu menentukan apakah ada pelanggaran peraturan/kode etik profesi dalam kasus tersebut

·         Melakukan Uji Intuisi yaitu menentukan apakah ada yang salah dalam situasi tersebut berdasarkan perasaan dan intuisi

·         Melakukan uji publikasi yaitu menguji persaan bila keputusan yang diambil dipublikasikan di halaman depan Koran

·         Melakukan uji panutan/ idola yaitu menentukan keputusan apa yang akan diambil oleh panutan/idola  dalam situasi tersebut

e.       Pengujian paradigma benar lawan benar

Paradigma yang terjadi pada situasi dilema etika  bisa dikategorikan sebagai berikut yaitu  Individu lawan masyarakat (individual vs community), Rasa keadilan lawan rasa kasihan (justice vs mercy), Kebenaran lawan kesetiaan (truth vs loyalty), Jangka pendek lawan jangka panjang (short term vs long term).

f.        Melakukan prinsip resolusi

Prinsip-prinsip yang dimaksud yaitu prinsip berfikir berbasis hasil (Ends-Based Thinking), prinsip berfikir berbasis rasa peduli (Care-Based Thinking) dan prinsip berfikir berbasis peraturan (Rule-Based Thinking)  

g.      Investigasi opsi trilema

h.      Buat keputusan

i.        Lihat lagi keputusan dan refleksikan

 

Mulai kapan Anda akan menerapkan langkah-langkah tersebut, hari ini, besok, minggu depan, hari apa? Catat rencana Anda, sehingga Anda tidak lupa.

Saya akan menerapkan langkah-langkah pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran ketika saya dihadapkan pada situasi dilema etika, baik itu terjadi pada diri saya secara pribadi, terjadi di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

Saya juga akan menerapkan langkah-langkah tersebut jika ada teman sejawat yang memiliki kesulitan atau permasalah sehingga membutihkan bantuan untuk mengambil keputusan yang bertanggung jawab sebagai pemimpin pembelajaran.

Adapun penerapannya akan saya lakukan mulai hari ini, dan secara konsisten menerapkannya besok, minggu depan dan seterusnya hingga pada akhirnya saya akan terbiasa dalam menggunakan langkah-langkah pengambilan dan pengujian keputusan termasuk penggunaan paradigma dan prinsip pengambilan keputusan.

 

Siapa yang akan menjadi pendamping Anda, dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran? Seseorang yang akan menjadi teman diskusi Anda untuk menentukan apakah langkah-langkah yang Anda ambil telah tepat dan efektif.

Yang akan mendampingi saya dalam menerapkan atau menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran dalam lingkungan sekolah

1.      Rekan-rekan sesama CGP yang ada di sekolah (di sekolah saya ada 6 CGP, termasuk saya) yang telah mendapatkan materi ini sehingga memiliki persepsi yang sama dan memudahkan dalam berdiskusi tentang pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran.

2.      Kepala Sekolah sebagai penanggung jawab setiap kegiatan yang ada di sekolah, , rekan sejawat serta anggota praktisi yang ada di lingkungan sekolah.

3.      Rekan sejawat dan anggota komunitas praktisi yang ada di sekolah  untuk berdiskusi dan berkolaborasi dalam pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar