3.1.a.7. Demontrasi Kontekstual
Bagaimana
Anda nanti akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang Anda dapatkan di
program guru penggerak ini di sekolah/lingkungan asal Anda?
Sebagai pemimpin
pembelajaran, maka saya akan berusaha untuk mentransfer dan menerapkan
pengetahuan yang saya dapatkan di program guru penggerak ini di sekolah melalui
beberapa langkah, yaitu:
1. Saya
akan berkoordinasi dengan kepala sekolah untuk menyampaikan program-program
yang ada dalam pendidikan guru penggerak.
2. Saya
akan mensosialisasikan materi-materi yang ada pada program guru penggerak,
termasuk materi pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.
3. Saya
akan memanfaatkan waktu-waktu luang untuk berdiskusi dalam komunitas praktisi yang
kami buat sebagai kegiatan pengimbasan kepada rekan-rekan guru dengan tujuan
untuk pengembangan kompetensi guru.
4. Saya
akan mengajak teman sejawat saya di sekolah untuk berkolaborasi dalam
menerapkan prinsip-prinsip pengambilan keputusan yang efektif ketika saya
berada dalam situasi dilema etika maupun bujukan moral yang saya alami.
Apa
langkah-langkah awal yang akan Anda lakukan untuk memulai mengambil keputusan
berdasarkan pemimpin pembelajaran?
Langkah-langkah awal yang
akan saya lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin
pembelajaran adalah sebagai berikut.
1. Saya
terlebih dahulu akan menganalisis dan menentukan apakah masalah yang saya
hadapi termasuk ke dalam dilema etika atau bujukan moral
2. Saya
akan menerapkan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan, yaitu sebagai
berikut:
a. Menentukan
nilai-nilai yang bertentangan pada permasalahan yang sedang di hadapi
b. Menentukan
siapa saja yang terlibat dalam situasi tersebut
c. Menentukan
fakta-fakta yang relevan dalam situasi tersebut
d. Pengujian
benar lawan salah dalam situasi tersebut.
·
Melakukan Uji Legal yaitu menentukan
apakah ada aspek pelanggaran hukum
·
Melakukan Uji Regulasi yaitu menentukan
apakah ada pelanggaran peraturan/kode etik profesi dalam kasus tersebut
·
Melakukan Uji Intuisi yaitu menentukan
apakah ada yang salah dalam situasi tersebut berdasarkan perasaan dan intuisi
·
Melakukan uji publikasi yaitu menguji
persaan bila keputusan yang diambil dipublikasikan di halaman depan Koran
·
Melakukan uji panutan/ idola yaitu
menentukan keputusan apa yang akan diambil oleh panutan/idola dalam
situasi tersebut
e. Pengujian
paradigma benar lawan benar
Paradigma yang terjadi pada situasi dilema
etika bisa dikategorikan sebagai berikut yaitu Individu lawan masyarakat
(individual vs community), Rasa keadilan lawan rasa kasihan (justice vs mercy),
Kebenaran lawan kesetiaan (truth vs loyalty), Jangka pendek lawan jangka
panjang (short term vs long term).
f.
Melakukan prinsip resolusi
Prinsip-prinsip yang dimaksud yaitu
prinsip berfikir berbasis hasil (Ends-Based Thinking), prinsip berfikir
berbasis rasa peduli (Care-Based Thinking) dan prinsip berfikir berbasis
peraturan (Rule-Based Thinking)
g. Investigasi
opsi trilema
h. Buat
keputusan
i.
Lihat lagi keputusan dan refleksikan
Mulai
kapan Anda akan menerapkan langkah-langkah tersebut, hari ini, besok, minggu
depan, hari apa? Catat rencana Anda, sehingga Anda tidak lupa.
Saya akan menerapkan
langkah-langkah pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran ketika saya
dihadapkan pada situasi dilema etika, baik itu terjadi pada diri saya secara
pribadi, terjadi di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.
Saya juga akan menerapkan
langkah-langkah tersebut jika ada teman sejawat yang memiliki kesulitan atau
permasalah sehingga membutihkan bantuan untuk mengambil keputusan yang
bertanggung jawab sebagai pemimpin pembelajaran.
Adapun penerapannya akan
saya lakukan mulai hari ini, dan secara konsisten menerapkannya besok, minggu
depan dan seterusnya hingga pada akhirnya saya akan terbiasa dalam menggunakan
langkah-langkah pengambilan dan pengujian keputusan termasuk penggunaan
paradigma dan prinsip pengambilan keputusan.
Siapa
yang akan menjadi pendamping Anda, dalam menjalankan pengambilan keputusan
sebagai pemimpin pembelajaran? Seseorang yang akan menjadi teman diskusi Anda
untuk menentukan apakah langkah-langkah yang Anda ambil telah tepat dan
efektif.
Yang akan mendampingi
saya dalam menerapkan atau menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin
pembelajaran dalam lingkungan sekolah
1. Rekan-rekan
sesama CGP yang ada di sekolah (di sekolah saya ada 6 CGP, termasuk saya) yang
telah mendapatkan materi ini sehingga memiliki persepsi yang sama dan
memudahkan dalam berdiskusi tentang pengambilan keputusan sebagai pemimpin
pembelajaran.
2. Kepala
Sekolah sebagai penanggung jawab setiap kegiatan yang ada di sekolah, , rekan
sejawat serta anggota praktisi yang ada di lingkungan sekolah.
3. Rekan
sejawat dan anggota komunitas praktisi yang ada di sekolah untuk
berdiskusi dan berkolaborasi dalam pengambilan keputusan sebagai pemimpin
pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar