Jumat, 22 Mei 2020

Membuat Siaran Televisi Pendidikan Lewat Aplikasi Android

Resume Oleh Yeni Khomaria

 

Siang ini kita akan mendapatkan materi baru tentang membuat siaran televisi pendidikan lewat aplikasi di HP. Materi ini akan disampaikan oleh Prof Deni Darmawan. Beliau Kepala Humas Universitas Pendidikan Indonesia yang berada di Bandung Jawa Barat.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) meluncurkan televisi berbasis digital, TVUPI. Meski TVUPI dikelola oleh universitas, masyarakat luas bisa berpartisipasi dalam memberikan tayangan yang bertema pendidikan.

Kepala Humas UPI, Prof Deni Darmawan mengatakan, sesuai dengan tujuan pembuatannya mengedepankan tri darma pendidikan, TVUPI tidak berorientasi profit. TVUPI yang berbasis digital akan ditayangkan di laman https://humas.upi.edu/ Selain itu, TVUPI bisa diakses di media sosial dan kanal youtube UPI.

Hal yang membedakan TVUPI dengan TV digital lain, yakni masyarakat bisa berpartisipasi mengirimkan tayangan. Bahkan, berpartisipasi melakukan siaran langsung.

 

Lalu bagaimana cara kita berpartisipasi melakukan siaran langsung?

Kuliah online via WA Grup Belajar Menulis pada Jumat, 22 Mei 2020 dengan nara sumber Prof. Deni Darmawan mengupas tuntas tema “Membuat Siaran Televisi Pendidikan Lewat Aplikasi Android”.

Cara membuat siaran Televisi lewat aplikasi Hp kita hanya perlu 3 langkah saja yaitu: mendownload aplikasi kemudian menginstall dan terakhir menggunakan aplikasi untuk siaran.

Langkah pertama yaitu menginstal aplikasi, aplikasi yang digunakan dalam membuat siaran adalah Wowza Gocoder di Android dan IOS yang bisa diunduh melalui tautan http://humas.upi.edu/upi-tv/.

Langkah kedua adalah menginstall, cara menginstal seperti aplikasi yang biasa kita install hingga selesai.

Langkah terakhir koneksikan wowza Streaming Cloud dan Wowza Streaming engine dan pada menu host atur server ke ip 51.77.118.20 dan Port 1935.


Dengan semakin berkembangnya teknologi mari kita manfaat teknologi semaksimal mungkin, khususnya yang berkaitan dengan pendidikan, salah satunya dengan melakukan siaran langsung atau membuat siaran Televisi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar